Juara Umum di Kejurnas PraPON, Kempo NTT Loloskan 25 Kenshi ke Papua

SURABAYA, TIMEXKUPANG.com-Cabang olahraga (Cabor) super prioritas yang selalu menjadi andalan tambang medali NTT di pentas nasional maupun internasional, yakni Cabor Kempo kembali menorehkan prestasi membanggakan.

Tampil diajang Kejuaraan Nasional (Kejurnas) prakualifikasi Pekan Olahraga Nasional (PraPON), yang berlangsung di GOR Rudi Resnawan, Banjarbaru, Kalimantan Selatan (Kalsel), 11 – 16 November 2019, anak-anak asuhan Sensei George Hadjoh (V DAN) dan tim pelatih ini sukses keluar sebagai juara umum setelah mendulang enam medali emas, satu medali perak dan lima medali perunggu.

“Hasil ini menempatkan Kempo NTT sebagai juara umum pertama dari total 32 provinsi peserta yang ikut dalam prakualifikasi PON ini,” ungkap Ketua Umum Pengprov Perkemi NTT, Ir. Esthon L. Foenay, M.Si yang disampaikan melalui pesan whatsapp (WA) kepada TIMEXKUPANG.com, Sabtu (16/11) siang.

Esthon mengatakan, hasil yang diraih saat ini mengulang prestasi serupa yang diraih pada dua PraPON sebelumnya, dimana saat itu NTT juga keluar sebagai juara umum pertama. Pada PraPON tahun 2011, Kempo NTT menjadi juara umum dengan merebut lima medali emas, dua perak dan tiga perunggu. Lalu pada PraPON 2015, Kempo NTT mendulang tujuh emas, satu perak dan empat perunggu, lalu tahun ini (2019), untuk PON Papua, Kempo NTT mendulang enam medali emas, satu perak, dan lima perunggu.

“Jadi Kempo NTT sudah tiga kali meraih juara umum pertama dalam tiga perhelatan PraPON terakhir,” ungkap mantan Wakil Gubernur NTT ini.

Esthon menyebutkan, atas capaian tersebut, Kempo NTT berhasil meloloskan 25 atlet/kenshi ke Papua yang nanti turun bertanding di 14 nomor pertandingan.

“Kita bersyukur karena NTT berhasil loloskan 25 kenshi ke PON Papua, dari total 546 kenshi asal 32 provinsi yang turun merebut tike PON di Kalimantan Selatan,” kata Esthon.

Pelatih yang juga pengurus Perkemi NTT, Sensei George Hadjoh menambahkan, pada hari terakhir pertandingan, Sabtu (16/11), kenshi-kenshi NTT sukses menambah dua medali emas persembahan Lazim Jati yang turun berlaga di nomor randori kelas 60kg putra, dan embu berpasangan putra Kyu Kenshi atas nama Arif Perwanto dan Randaka Minfini.

Tambahan tiga medali perunggu juga datang dari Irwanto Susanto yang turun di nomor randori kelas 70kg putra, Fitri kelas 60kg putri, dan Siska yang berlaga di kelas 55kg putri.

“Embu beregu yang juga berlaga di hari terakhir hari ini menempati rangking 4. Dengan demikian NTT berhasil mendulang enam medali emas, satu perak dan lima perunggu, dan tampil sebagai juara umum pertama,” jelas sensei George.

Sebagaimana diketahui, sejak PON 2004 di Sumsel, cabor Kempo selalu sukses mengangkat citra NTT di pentas multi even empat tahunan itu dengan mendulang medali terbanyak bagi NTT. (aln)

Raihan Medali Cabor Kempo NTT pada Empat PON Terakhir:

PON XVI/2004    : Sumsel (4 Emas; 1 Perak; 1 Perunggu)
PON XVII/2008  : Kaltim (2 Emas; 2 Perak; 1 Perunggu)
PON XVIII/2012 : Riau (2 Emas; 3 Perak; 2 Perunggu)
PON XIX/2016    : Jabar (7 Emas; 1 Perak; 5 Perunggu)
PON XX/2020     : Papua (…???)

SUMBER: Data olahan berbagai sumber

Sumber Berita : https://www.timexkupang.com

 

Pengurus Besar Perkemi

PERSAUDARAAN SHORINJI KEMPO INDONESIA
( INDONESIA SHORINJI KEMPO FEDERATION )

Alamat PB Perkemi

Informasi lebih lanjut dapat hubungi :

 
+62 021 8497 9711
 
This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
 
Pusdiklat Shorinji Kempo "Sidharta A. Martoredjo", Jl. C62 RT. 03 / RW. 03, Jati Makmur, Pondok Gede, Kota Bekasi, Jawa Barat - 17413.

No Rekening

Nomor Rekening PB PERKEMI :

BNI RATU PLAZA
No. Rek : 0004467787
Atas Nama : PB PERKEMI

Member

Premium Joomla Templates